Belajar dan Bereaksi

Diberdayakan oleh Blogger.

Bisnis Toko Buku OnLine

Bisnis Toko Buku OnLine
Ilustrasi toko buku on line

Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan pada banyak bidang kehidupan. Teknologi informasi, terutama internet, tak hanya menghubungkan banyak orang dan membuka kanal informasi lebar-lebar, namun juga menciptakan banyak peluang usaha.

Beragam bidang usaha dapat ditemukan di dunia maya. Toko-toko online pun bertumbuhan dengan suburnya di dunia maya ini termasuk toko buku online.

Ragam Toko Buku Online

Berdasarkan pendiriannya, toko buku online yang kini menjamur di dunia maya terbagi menjadi dua. Ada toko online penerbit dan toko online non-penerbit. Keduanya hanya berbeda pada buku-buku yang dijualnya.

Toko online penerbit adalah toko online yang didirikan oleh penerbit yang hanya menjual buku-buku terbitannya saja. Sementara toko online non-penerbit adalah toko online yang didirikan oleh perseorangan atau kelompok yang menjual semua buku-buku dari berbagai penerbit yang bekerjasama dengannya.

1. Toko Buku Online Penerbit

Penerbit-penerbit yang membuka toko buku online, antara lain: Andi Publisher, Gramedia, Elexmedia, Galang Press, Mizan, dan masih banyak lagi. Membeli buku langsung pada penerbit memiliki beberapa keuntungan, antara lain mendapatkan diskon yang cukup besar serta kualitas bukunya terjamin. Selain itu, kita juga bisa memesan buku-buku yang sudah tidak beredar atau sulit ditemukan di pasaran dari penerbitnya langsung.

Selain itu, ketika kita menemukan buku yang halamannya kurang, kita bisa mengembalikan buku tersebut serta mendapat buku ganti tanpa biaya tambahan. Bahkan, kita akan mendapatkan bonus buku lain sebagai ganti rugi dari penerbit karena kita menerima buku yang tidak layak edar.

Memang keuntungan ini juga bisa kita dapatkan ketika kita membeli buku di toko buku, tetapi tentu akan lebih mudah prosesnya ketika kita membeli buku tersebut di toko online milik penerbit.

Sementara kelemahannya adalah jika kita hanya membeli satu buku, maka jatuhnya akan mahal karena dibebani ongkos kirim yang tidak sebanding dengan jumlah buku. Sementara jika harus membeli beberapa macam buku, kita tidak mempunyai pilihan lain selain membeli buku-buku dari penerbit yang sama.

2. Toko Buku Online Non-Penerbit

Salah satu toko online non-penerbit yang cukup terkenal adalah Bukukita. Toko online ini telah berdiri sejak 12 Juni 2006. Koleksi bukunya sangat lengkap, mulai dari buku pelajaran sekolah, buku impor, fiksi, non-fiksi, komputer, agama, teknik, komik, bahasa, politik, serta buku-buku umum lainnya.

Melalui toko online ini, pembeli bisa melakukan pemesanan setiap hari kerja mulai pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB, kecuali hari Sabtu pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB. Semua pemesanan, siap diantar ke seluruh wilayah di Indonesia. Hingga saat ini, toko online yang berkantor di Jakarta Barat ini, sudah bekerjasama dengan lebih dari 500 penerbit untuk menyediakan buku-buku baru di tokonya.

Keuntungan membeli toko online non-penerbit, adalah kita bisa membeli berbagai macam buku dari penerbit manapun yang kita mau. Sementara kelemahannya, diskon yang diberikan tidak terlalu besar.

Keuntungan Toko Buku On Line

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari menjalankan bisnis melalui toko buku onlineini, di antaranya:

1. DapatMenekanModal

Modal mendirikan toko buku on line jauh lebih murah daripada mendirikan toko buku secara fisik. Mendirikan toko buku secara fisik pun harus memperhitungkan faktor lokasi. Lokasi yang strategis akan memperbesar peluang keberhasilan.

Dalam banyak usaha bahkan disebutkan bahwa keberhasilan suatu usaha ditentukan oleh tiga faktor utama: lokasi, lokasi, dan lokasi. Toko buku yang berdiri secara fisik pun membutuhkan penataan ruangan dan display yang bagus untuk menarik calon pembeli. Anggaran untuk ini tak dapat dikatakan kecil.

 Toko buku online tak membutuhkan hal ini. Toko online bisa berada di mana saja, di kawasan bisnis atau di sebuah rumah yang berada di gang sempit. Syaratnya  ada koneksi internet.

Toko buku online juga tidak membutuhkan ruangan yang luas apalagi penataan ruangan sedemikian rupa. Tidak ada pengunjung yang akan melihat bagaimana buku-buku ditata. Pengunjung hanya perlu mendatangi website milik toko online tersebut dan melihat-lihat buku yang hendak dibelinya di sana.

2. JaringanPasarLebihLuas

Koneksi internet yang tanpa batas memungkinkan toko buku on line memiliki pelanggan dari berbagai penjuru negeri bahkan dunia. Hal ini susah didapat oleh toko buku biasa.

Kelemahan Toko Buku Online bagi Pembeli

Anda tidak bisa langsung mengetahui bagaimana kualitas buku tersebut. Anda mungkin tidak akan bisa mengetahui bagaimana kualitas kertas, kehalusan sampul, atau mungkin tidak bisa membaca sinopsis buku (khusus bagi toko online yang tidak menyertakan sinopsis tiap buku yang dijual).

Setelah membeli buku, Anda harus menunggu kiriman buku tersebut selama beberapa hari. Tidak seperti di toko buku biasa, begitu selesai bayar Anda bisa langsung menikmatinya.

Tidak bisa membayar buku secara langsung. Bagi Anda yang tidak punya mobile banking/internet banking, Anda masih harus rela pergi ke bank atau ATM untuk transfer sejumlah uang untuk membayar buku.

Karena melalui media internet, banyak resiko yang harus Anda hadapi. Walau jarang terjadi, kadang ada beberapa toko online yang 搉akal? Kadang buku tidak pernah dikirim, buku yang dikirim adalah buku dengan kualitas buruk (misal: sampul/kertas ada yang robek), atau perlakuan tidak menyenangkan yang lain.

Belajar dari Toko Buku Online Gramedia

Gramedia online bagian dari toko buku gramedia yang tidak terpisahkan, menjadi satu kesatuan dalam memenuhi visi dan misi perusahaan. Berperan aktif di dalam mencerahkan kehidupan bangsa dengan menjadi jaringan ritel terbesar, tersebar dan terpadu di bidang pengetahuan, informasi dan multimedia. Di sini juga menjual buku lokal ataupun impor dari berbagai macam penerbit, produk stationery, alat olahrga, alat musik dan multimedia.

Gramedia juga memiliki berita mengenai acara workshop yang dapat dilihat di Gramedia online. Ada banyak kegiatan, perlombaan dan pengumuman pemenang dari lomba tulis menulis baik itu untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak.

Dalam Gramedia online juga memiliki program afiliasi, maksudnya adanya penghargaan bagi affiliate yang mempromosikan website Gramedia Toko Buku ini kepada konsumen. Ketentuan afiliasi sendiri, yaitu:

· Komisi setiap penjualan produk buku dan non buku dari link affiliate kita.

· Notifikasi email setiap ada pembelian dari konsumen melalui link kita.

· Pelacakan yang mudah untuk account pribadi kita.

· Masa periode affiliate 30 hari.

· Setiap orang yang memiliki bisnis yang jujur dan sehat, artinya tidak memiliki spam dan konten marketing yang tidak jelas, apabila terjadi maka akan langsung dihapus dari program ini.

· Juga akan diselidiki website yang kita miliki apakah sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

Dalam pendaftaran harus menghindari hal-hal sebagai berikut:

· Tidak mengandung unsur-unsur pornografi.

· Tidak mengandung kekerasan.

· Tidak mengandung hal-hal bersifat fitnah.

· Tidak megandung diskriminasi ras, seks, agama, kebangsaan, orientasi seksual, usia atau cacat.

· Tidak melakukan kegiatan illegal yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan pemerintah.

· Tidak boleh mengandung nama gramedia kompas pada nama afiliasinya.

· Tidak boleh melanggar hak-hak intelektual

Menjalankan Toko Buku Online

Jika hendak menjalankan toko buku secara online, perhatikan hal-hal berikut:

· Pastikan koneksi internet relatif lancar dan cepat. Internet adalah 搉yawa?bagi sebuah bisnis online.

· Tentukan sistem pembayaran, apakah dengan menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau bayar di tempat ketika barang diantar oleh kurir  (terutama untuk pembeli yang berada di kota yang sama dengan lokasi toko online itu berada)

· Pilih jasa pengiriman barang yang dapat dipercaya dan sedapat mungkin lebih murah dibandingkan jasa pengiriman sejenis.

· Selalu perbaharui informasi buku yang dijual. Unggah hasil pemindaian (scanning)sampul buku di website. Lengkapi dengan data-data buku: judul, nama pengarang, siapa penerbitnya, tahun terbitnya, tebal dan ukuran buku, harga buku, dan kondisi fisik buku. Jika buku itu adalah buku baru, bisa disebutkan 搈asih tersegel? Jika merupakan buku bekas, maka penjelasannya harus lebih rinci agar calon pembeli tak merasa dikelabui.
0 Komentar untuk "Bisnis Toko Buku OnLine"

Back To Top