Belajar dan Bereaksi

Diberdayakan oleh Blogger.

Menggiurkan, Prospek Usaha Jamur Merang

Menggiurkan, Prospek Usaha Jamur Merang
Ilustrasi usaha jamur merang

Salah satu jenis usaha yang sangat prospek untuk diusahakan adalah jamur merang. Dari berbagai sisi, usaha jamur merang memenuhi berbagai syarat sebagai bisnis yang layak dijalankan. Dari bahan baku, proses pembuatan, masa panen, hingga pemasarannya, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menghasilkan. Apalagi tidak dibutuhkan modal besar untuk menjalankan bisnis ini.

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang paling dikenal orang dibandingkan jamur lainnya. Baik untuk dikonsumsi sebagai makanan maupun sebagai bahan untuk pembuatan obat-obatan. Untuk konsumsi, jamur merang biasanya dijadikan bahan tambahan untuk sup, sayuran, maupun dibuat tumis ataupun dipepes. Rasanya yang enak dan gurih menjadikan jamur jenis ini fleksibel dan dapat dibuat berbagai jenis masakan.

Manfaat

Selain itu, daya tarik usaha jamur merang juga dari kandungan gizinya yang sangat tinggi. Kandungan mineral jamur merang lebih baik daripada daging hewan. Begitu juga dibandingkan dengan sayuran lainnya, kadungan protein jamur merang juga di atas rata-rata. Kandungan yang cukup tinggi dari jamur merang diantaranya proteinnya yang mencapai 3,8 gram, bahkan dalam kondisi kering bisa mencapai 16 gram.

Begitu juga kandungan energinya cukup tinggi, yaitu sebanyak 39 kalori namun rendah lemak,6 gram. Sedangkan kandungan mineral yang cukup tinggi adalah kalsium 94 mg, fosfor 3 mg, juga vitamin C tercatat sebanyak  5 mg. Sedangkan kandungan gizi lainnya dalam 100 gram jamur merang adalah karbohidrat 6,9 gram, besi 1,7 mg, vitamin B1 0,11 mg, B2 0,17 mg, niasin 8,3 mg, serta kandungan airnya yang mencapai 90 mg.

Mengkonsumsi jamur merang juga baik untuk tubuh karena manfaatnya dan kemampuannya sebagai anti kanker dan merangsang sistem imun dan ketahanan  tubuh. Banyaknya manfaat tanaman ini menjadikan jamur merang banyak dibutuhkan. Bahkan kebutuhan masyarakat selalu kurang dan belum mampu dipenuhi dengan suplai yang ada. Selain di dalam negeri, kebutuhan jamur merang untuk ekspor juga sangat besar.

Kebutuhan Tinggi

Catatan besarnya kebutuhan pasar terhadap jamur merang terutama datang dari kota-kota besar.  Untuk wilayah sekitar Jakarta dan Bandung saja tak kurang dari 15 ton jamur merang dibutuhkan setiap harinya. Sedangkan untuk pasaran ekspor, umumnya jamur merang dikirim ke sejumlah negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia yang membutuhkan tak kurang dari 80 hingga 100 ton jamur merang setiap bulan untuk masing-masing negara.

Sedangkan suplai jamur selama ini masih didominasi petani jamur merang yang berada di kawasan yang agak tinggi di atas permukaan laut, seperti Dieng, Jawa Tengah maupun Bogor. Memang jamur merang menyukai daerah yang cukup dingin. Meski demikian, jamur ini juga cukup tahan dan dapat berkembang di daerah dengan kelembaban dan suhu agak tinggi, yaitu antara 30 hingga 36 derajat celcius. Karena itu, usaha jamur merang juga sangat prospek dan dapat dikembangkan dan dibudidayakan di daerah lain.
0 Komentar untuk "Menggiurkan, Prospek Usaha Jamur Merang"

Back To Top