Belajar dan Bereaksi

Diberdayakan oleh Blogger.

Pembudidayaan Jamur Merang

Pembudidayaan Jamur Merang
Ilustrasi pembudidayaan jamur merang

Jamur merang merupakan salah satu spesies jamur yang telah dikembangkan oleh masyarakat Asia Tenggara sejak puluhan tahun yang lalu. Karena jamur jenis ini mempunyai rasa yang enak dan disukai oleh banyak orang. Sehingga, orang melihatnya sebagai prospek usaha yang menjanjikan  dalam pembudidayaan jamur merang.

Dalam pembudidayaan jamur merang, produktivitas sangat dipengaruhi oleh kualitas dan media jamur merang. Untuk meningkatkan kualitas media, gunakan bahan-bahan makanan di luar nutrisi guna penambahannya. Makanan yang berasal dari luar nutrisi media jamur, akan mempercepat pertumbuhan misellium jamur merang.

Agar jamur mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, maka pembudidayaan jamur merang harus melihat media yang digunakan dalam pembibitan. Media yang digunakan tidak harus mahal, yang terpenting kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Misalnya menggunakan biji-bijian sereal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembudidayaan

Beberapa tips teknik pembudidayaan jamur merang yang harus diketahui oleh petani jamur merang dan yang akan mencoba usaha ini adalah pembibitan dan media tanam:

Pembibitan

Dalam teknik pembudidayaan jamur merang, yang menjadi perhatian lebih adalah pada saat cara pembuatan bibit. Kualitas jamur pada pembudidayaan jamur merang yang baik ditentukan oleh bibit jamur yang dipakai. Karena bibit merupakan faktor utama dalam peningkatan produksi. Faktor lain yang juga mempengaruhi pertumbuhan bibit jamur meliputi; suhu, kelembaban, pH, cahaya. Upaya pengadaan bibit jamur selain secara invitro untuk biakan murni juga perbanyakan untuk mendapat bibit F2 dan F3 sebagai bahan starter sangat dibutuhkan dalam pembudidayaan jamur merang.

Sampai saat ini untuk pembuatan bibit jamur merang belum begitu banyak dilakukan oleh petani jamur, sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan bibit jamur masih tergantung pada pengusaha bibit jamur merang. Padahal, jika dilakukan dengan mencari pengetahuan dan membuat bibir jamur secara mandiri maka biaya produksi jamur merang akan lebih murah.

Media tanam

Media tanam sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perkembangan jamur sehingga berbentuk badan buah. Untuk membuat media tumbuh jamur yang baik tidak hanya jerami saja yang diperlukan, tetapi perlu penambahan urea, bekatul dan pupuk kandang.

Dalam Pembudiayaan jamur merang, media tanam yang bisa digunakan dalam pembudidayaan jamur merang misalnya: serbuk gergaji, jerami, biji-bijian seperti padi, jagung, dan kacang-kacangan. Dengan media bibit dari biji-bijian kebutuhan nutrisi bibit dapat terpenuhi.

Media yang baik adalah media yang mampu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan jamur. Hal ini karena jamur merupakan organisme heterotof, yaitu mendapatkan semua zat-zat makanan yang terdapat pada media tumbuhnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penambahan zat makanan dari luar terutama karbohidrat.

Mengingat bahan baku media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur, karena dengan media tanam yang sesuai jamur akan tumbuh subur terutama yang mengandung karborhidrat maupun berbentuk selulosa. Sehingga pemilihan media yang tepat akan mempercepat pertumbuhan jamur.
0 Komentar untuk "Pembudidayaan Jamur Merang"

Back To Top