Belajar dan Bereaksi

Diberdayakan oleh Blogger.

Jamur Merang

Ilustrasi jual jamur merang

Jamur merang sebagai peluang usaha memang cukup cerah prospeknya. Terutama di Karawang yang merupakan sentra pertanian padi. Daerah ini  merupakan lokasi yang potensial untuk pengembangan usaha budidaya jamur merang. Tak heran bila dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak petani yang juga melakukan bisnis sampingan sebagai pebudidaya jamur merang


Jamur merang sebagai peluang usaha memang cukup cerah prospeknya. Terutama di Karawang yang merupakan sentra pertanian padi. Daerah ini  merupakan lokasi yang potensial untuk pengembangan usaha budidaya jamur merang. Tak heran bila dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak petani yang juga melakukan bisnis sampingan sebagai pebudidaya jamur merang.

Hal ini tak lain karena mereka menyadari prospek cerah jamur merang. Terutama dalam soal pemasaran. Karawang yang terletak tak jauh dari Jakarta memiliki banyak kemudahan dalam menjual jamur merang hasil panen mereka.

Panen Jamur Merang

Akhirnya   tibalah saat membayar semua jerih payah Anda. Jamur merang hasil budidaya Anda telah siap panen. Namun satu hal yang tak boleh diabaikan adalah saat memetik. Petiklah jamur merang yang masih kuncup. Karena jamur yang sudah  mekar dan mengembang seperti payungnya harganya akan lebih murah.

Jamur merang hasil panen ini lebih mirip seperti telur merpati berwarna coklat keabu-abuan. Hal ini disebabkan  karena batang dan tudungnya  yang masih menyatu karena tertutup volva.

Lalu kemana anda harus menjual jamur merang hasil panenan ini?

1 Anda bisa menjual jamur merang hasil panenan Anda langsung ke pasar terdekat. Anda cukup membungkusnya di dalam kemasan plastik, atau dengan menggunakan tempat packing dari styrofoam. Atau anda bisa menjual jamur merang kepada pengepul setelah dibungkus atau dikemas terlebih dahulu.

2 Anda juga bisa menjual jamur merang ke pasar swalayan. Di sini jamur merang tersebut akan disimpan pada tempat khusus berupa pendingin dengan suku 14-15 derajat celcius. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kesegaran jamur merang ini.

3 Anda bisa menjual jamur merang kepada para pedagang mie bakso atau restoran jepang dan rumah makan lainnya.

4 Cara lainnya adalah dengan memproduksi dan mengolah sendiri jamur merang hasil panenan Anda menjadi jamur kaleng, atau makanan lain sehingga bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi lagi.

Walau sebagian besar hasil panenan jamur merang dalam negeri ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri saja. Namun potensinya untuk di ekspor juga bagus. Sehingga wajarlah kiranya pemerintah sangat mendorong langkah-langkah yang berhubungan dengan budidaya jamur merang ini.
0 Komentar untuk "Jamur Merang"

Back To Top